Monday, October 18, 2010

Badan Usaha Dalam Tata Ekonomi Latar Belakang Industri dan Perdagangan

Cara manusia dalam melakukan proses pemenuhan dan pemuasan akan kebutuhan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Ketika dahulu pada masa kehidupan manusia primitif, orang harus memenuhi kebutuhannya sendiri, tidak tergantung kepada orang lain. Mereka lebih mementingkan untuk memenuhi kebutuhan berupa makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Untuk mendapatkan makanan mereka harus berburu binatang atau bercocok tanam. Kehidupan ekonomi yang demikian masih belum terjadi pertukaran berupa barang atau jasa di dalamnya.

Secara berangsur cara hidup lama yang primitif mulai ditinggalkan, mereka mulai melakukan cara hidup baru yang lebih baik. Berawal dari adanya kelebihan barang yang dimiliki tiap-tiap orang maka terjadilah perdagangan, kelebihan barang tersebut ditukarkan dengan barang lain dari tetangganya misalnya. Sistem ekonomi masih dilakukan dengan cara barter. Saat itu setiap rumah tangga hanya memproduksi terhadap beberapa jenis barang.

Kehidupan masyarakat yang semakin maju membawa dampak terhadap perekonomian, pertukaran barang tidak lagi dilakukan dengan sistem barter tetapi menggunakan uang sebagai alat pembayaran. Semakin maju suatu masyarakat akan berpengaruh kepada kehidupan perekonomiannya yang semakin kompleks.

Pada masyarakat yang sudah maju barang dan jasa mudah di dapat, baik untuk keperluan konsumsi maupun industri. Disinilah perusahaan memiliki peran penting untuk menghasilkan barang dan jasa tersebut.
Barang-barang yang bisa diperoleh melalui suatu proses kegiatan (ekonomi) dikelompokkan ke dalam dua golongan, yaitu:

a. Barang konsumsi (consumer product) yang secara langsung dapat memuaskan kebutuhan, dan
b. Barang industri (industrial goods) seperti gedung, bangunan pabrik, mesin produksi, peralatan dan barang lain yang mendukung produksi barang konsumsi.

Selain itu kedua kelompok barang tersebut dapat dibagi lagi menjadi :
a. Barang tahan lama (durable goods) yang dapat dipakai berkali-kali, dan
b. Barang tidak tahan lama (nondurable goods), seperti bahan mentah, makanan, yang tidak dapat dipakai hanya sekali atau beberapa kali saja.

Pengertian Indutri dan Bisnis

Perusahaan memiliki peran sebagai perantara antara sumber faktor produksi dan konsumen yang memiliki berbagai unsur di dalamnya antara lain meliputi sarana, organisasi dan lembaga-lembaga yang secara langsung araupun tidak langsung berhubungan dengan produksi dan distribusi barang serta jasa untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Dengan adanya unsutr-unsur tersebut di atas maka barang dan jasa dapat tersampaikan kepada pihak konsumen melalui serangkaian mekanisme pemasaran.

Dalam arti luas, dunia usaha ini terdiri atas tiga bagian :
• Tempat kerja untuk menjalankan kegiatan yang produtif seperti pabrik, pertambangan, hotel, toko atau ladang.
• Perusahaan yang memiliki satu tempat kerja atau lebih.
• Industri

Industri berkaitan erat dengan adanya mekanisasi, teknologi, dan hal-hal lain yang datang dari negara yang sudah maju. Jadi dapat dikatakan bahwa sebuah industri merupakan suatu kelompok perusahaan yang memproduksi barang yang sama, untuk pasar yang sama pula. Sedangkan perusahaan tidak selalu menggunakan material atau proses produksi yang sama dengan lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa industri adalah suatu konsep barat, sebagai usaha untuk mengejar keuntungan, prestasi, dan pendapatan yang besar. Usaha-usaha ini pada akhirnya akan membawa pertumbuhan ekonomi dan kenaika produk nasional bruto ( Gross National Product/GNP ) negara. Produk nasional bruto merupakan alat statistik yang dipakai untuk mengukur pertumbuhan ekonomi, didefinisikan sebagai nilai total dari seluruh barang dan jasa akhir yang diproduksi dalam satu tahun di sebuah negara tertentu. Ke semuanya itu dapat dicapai berkat adanya usaha-usaha yang menekankan pada prinsip-prinsip dasar seperti :
1) Efisiensi
2) Prestasi
3) Pendekatan yang rasional
4) Manajemen
5) Hubungan-hubungan yang formal, dan sebagainya.

Kegiatan bisnis sangat membantu usaha-usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh perusahaan. Bisnis ini meliputi semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barang, dari membeli bahan mentah sampai menjual barang jadi. Pedagang yang khusus melakukan pembelian dan penjualan, merupakan jalur penghubung antara produsen dengan konsumen, dan membantu produsen mengatasi masalah-masalah pada saat mencari konsumen, serta pada saat pembeli mencari konsumen.

Pada dasarnya kegiatan bisnis ini meliputi :
• Perdagangan (melalui pedagang)
• Pengangkutan (dengan alat-alat transport)
• Penyimpanan (sampai barang terjuala)
• Pembelanjaan (melalui bank atau kreditur)
• Pemberian informasi (dengan promosi)

1 comment:

  1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    /']\

    ReplyDelete